Yang mana diantara kedua
‘identitas’ pelajar diatas yang benar?. Identitas kedua. Duhduhduh.. kenapa
pelajar abad ini cenderung memiliki identitas yang kedua daripada yang pertama?
Emang nggak semua sih, tapi.. kayaknya bisa dihitung deh, pelajar yang gila
belajar. Siapa aja kah? Kelas 6 SD, kelas 9 SMP atau kelas 12 SMA yang mau
menghadapi ujian, ditambah beberapa ‘anak alim’ yang emang identik dengan ilmu.
Oh nooo… lha sisanya? Bangga nyandang gelar persatuan malas belajar. Heitts.
Aku juga pelajar, jujur bukan yang gila belajar, lebih tepat disebut pelajar yang
malas belajar.
Banyak yang rasanya lebih menarik daripada belajar, kayak nonton tv, baca komik, smsan, ato maen! Payah .. nggak cuma kamu dan berjuta ‘pelajar’ lainnya doang. Yang nulis juga gitu sih, masalahnya. Sesat. Bisa berjam-jam olahraga jempol (smsan), tapi baru semenit bawaannya pengen bobooook kalau lagi senam otak (ngerjain fisika). Lebih suka nongkrong di depan kompi maen game, ketimbang nongkrongin buku ekonomi yang tebelnya halah paling-paling nggak nyampe 5 cm. Huah. Tapi, ada kalanya kita harus mau jadi pelajar yang gila belajar. Pas meh ujian, yups bener banget!. Entah itu mid semester, semesteran, maupun ujian kenaikan kelas, kita harus bermetamorphosis jadi kupu-kupu. Terbang ke padang ilmu untuk mengambil sari-sarinya. Tapi jangan pas meh ujian tok, hari-hari biasa juga harusnya gila belajar.
Apalagi bobroknya pelajar nih,
banyak yang memegang prinsip “Pelajar nggak pernah nyontek? Iuh.. kamseupay
(kampungan sekali udik payah)”. Oy, jujur nih, yang nulis juga pernah nyontek,
nggak cuma sekali. Masih inget,
dahulu kala (kelas 1 SD) aku ‘kerjasama’ garap ulangan sama temenku, kelas dua
insyaf soalnya kelasku dan dia dipisah, haha. Terus kambuh lagi nih, pas SMA.
Ulangan Pkn pertama, aku masih inget betul. Waktunya udah mau abis tapi jawaban
belum keisi semua, terus temenku yang ‘peduli’ sama aku pelan-pelan ndiktein
jawabannya ke aku, setia berdiri di depanku nungguin aku nulis. Akhirnya luntur
sudah, aku tulis semua yang didiktein temenku. Dan di beberapa ulangan selanjutnya
(he nggak semua lho)nyontek jadi hal yang gampaang banget dilakuin.
Tapi, Alhamdulillah masih ada yang jagain aku, Allah ngirim malaikatnya
buat bilang ke aku kalau nyontek itu nggak bener, nanti rasain sendiri akibat
jangka panjangnya. Iya sih, kalau nggak pernah maksa otak buat mikir sendiri,
aku bakal susah sendiri nanti. Apalagi aku pengen jadi guru (amin ya Allah..). Kalau
sekarang aku nyontek mulu nanti aku nggak bisa ngajar dong. Walopun ngajar juga
boleh ‘nyontek’ buku tapi aku bayangin, nanti jadinya bukan ngajar tapi cuma
copas materi dari buku dong. Murid nggak mudeng, guru magabu (makan gaji buta)
jadi namaku. Aaaaah, Naudzubillah deh. Aku pengen jadi guru yang berhasil,
bikin murid jadi murid yang berhasil juga (amin ya Allah).
Lewat tulisan ini, aku pengen
ngajak kalian semua yang baca buat insyaf bareng-bareng. Bareng, makanya aku nge-share ni tulisan. Aku juga
nggak mau munafik, ngompor-ngompori kudu belajar, eh diri sendiri malasnya
minta ampun. Ngelarang nyontek, padahal pernah nyontek juga. Itu juga alasanku
‘nyisipin’ kisah kelamku, yaa.. kita sebut saja curcol. Biar pada ngerti kalau
aku nulis ini buat nyari bolo tobat, bukan sok suci. Yah, harap maklum
deh, aku juga sama kayak kalian, masih belajar.
Yah pokoknya temen-temen, jangan bangga deh sama status pelajar malas
belajar. Tapi jangan terlalu gila belajar juga, seteres nanti. Taraf adil aja lah, ada waktu buat
belajar, ada waktu buat maen. Kalau masalah gaya belajar yang menyenangkan, aku juga nggak ahli bahas masalah
itu. Saran aja dari aku, kamu sukanya
gimana. Kalau suka belajar kelompok, yaudah ajak aja temen-temenmu belajar
bareng gitu. Atau kalau butuh orang yang bener-bener kompeten, ikut aja
les-lesan ato bimbel. Panggil guru private juga bisa. Kalau suka belajar
sendiri, okelah. It’s up to you.
Terus, cari juga tempat yang ‘pas’. Kalau kamu bisa
nyantol sama pelajaran ditempat seribut apapun, keren. Nggak perlu nyari
tempat. Dimana aja bisa
belajar. Tapi biasanya pada nggak nyaman ditempat yang ribut bising super
berantakan. Pasti setiap orang punya nih, tempat ideal buat belajar. Kalau di sekolah
nggak maksimal, di rumah bisa. Kalau rumah nggak nyaman buat belajar, belajar
aja di rumah temen, belajar kelompok. Pokoknya tempat yang nyaman lah, bersih
rapi bikin kita enjoy.
Dan biasanya juga, kita gampang jenuh nih.
Kalau aku pribadi sih belajar kudu ada cemilannya, biar tetep melek. Dan harus
ada kipas angin, biar nggak gerah. Kalau kalian, terserah gimana. Mungkin pake musik, atau apalah yang bisa me-refresh otak kita. Yang paling penting sebenarnya cara belajarnya. Kalau udah punya niat
belajar tapi nggak tau cara belajar yang ideal, nggak ada perubahan dong.
Kalau aku, kebiasaan dari dulu suka bikin
rangkuman materi di 1 halaman di kertas hvs. Jadi pas hari ujiannya, tinggal
baca rangkuman 1 halaman itu aja. Lagian aku males bolak-balik buka buku,
apalagi detik-detik sebelum masuk ruang ujian. Nggak bakal sempet mata ‘nyapu
bersih’ semua materi. Kalau cuma satu kertas kan, lebih gampang. Walaupun iya,
nggak serinci dan selengkap di buku. Tapi banyak membantu aku.
Ada cara belajar yang top nih, pake peta
pikiran atau mind mapping. Aku diajarin
di seminar yang lalu (KARISMA Rohis
Smanda). Hampir sama kayak cara belajarku yang dulu, rangkuman materi. Tapi
aku masih dalam bentuk list kayak catetan buku tulis. Sekarang baru mulai
belajar pake mind mapping, biar lebih
terarah. Sangat membantu kok, coba deh.
Apa lagi ya? Masalah budaya nyontek. Susah memang, ngelepasin diri dari budaya
nyontek. Apalagi kalau sendiri. Makanya, sekali lagi. Bareng-bareng. Ayo deh,
nyontek itu nggak ada manfaatnya. Emangnya apa bagusnya, dapat nilai yang bukan
murni kerja kita? eh nilaimu bagus ciyee.. padahal dibelakang layar, ini
nyontek si-A, copas si-B, nurun si-C. Nilainya, nggak bernyawa doong.
Percuma.
Halah tapi kan cuma sekali-kali,
nggak terus-terusan. Sama aja. Pengen dong, ngerasa bangga nikmatin nilai hasil
kerja sendiri. Ternyata aku bisa.. aku bisa. Bangga nunjukin ke orangtua,
nilainya murni. Jadi tambah semangat belajar deh. Kalau nilainya jelek? Halah
yang lain juga sama aja. Nilai jelek pasti pernah lah, singgah di kertas
ulangan setiap pelajar. Nggak masalah. Yang penting murni.
Ada juga yang nggak pernah
nyontek, tapi ahlinya ngasih contekan. Kan beramal, masak iya kita tega ngeliat
temen sendiri nilainya jelek? Aduhduh.. kalau kita ngasih contekan dan jadinya
nilai temen kita bagus, justru kasihan temen kita. Dia nggak tau kemampuannya
yang sebenarnya seperti apa. Dan toh, nggak selamanya mencontek itu berbuah
manis. Biar udah nyontek kanan kiri depan belakang, masih aja nilainya jelek,
remidi. Rugi dua kali dong.
Dan sebagai umat beragama, kita
jelas tahu mencontek dan memberi contekan itu dilarang. Tolong menolonglah kamu
dalam kebaikan, dan jangan tolong meolonglah kamu dalam keburukan. Barang siapa
yang membantu dalam kebaikan, niscaya akan terciprat pahalanya. Dan barang
siapa yang membantu dalam keburukan, pasti akan terciprat dosanya. Semua tau
itu.
Coba kita lihat, tujuan hidup
kita yang sebenarnya. Kita selalu menginginkan kehidupan dunia yang indah,
akhirat juga gitu dong harusnya. Nilai di kertas ulangan dan raport kita di
dunia rasanya nggak terlalu penting kalau kita tau ada raport sesungguhnya yang
akan kita terima kelak. Oh berarti nggak usah belajar,nggak usah sekolah,
ibadah aja terus. Salah juga. Kan kita mau bahagia dunia akhirat, raport
semesteran bagus, raport akhirat kelak juga bagus. Amin. Makanya, sekali lagi :
belajar. Belajar kan kewajiban setiap muslim. ‘Tul?.
Yah intinya temen-temen, yok kita
rapatkan barisan, bareng-bareng jadi pelajar yang baik. Mumpung masih sempat.
Bismillah… karena Allah tidak akan membebani kita diluar batas kemampuan kita.
Semangat!.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar