Hello !! >

Hi, welcome to my world, enjoy this blog :D

Rabu, 02 Mei 2012

Pelajar Abad Ini : PErsatuan giLA belaJAR atau PErsatuan maLAs belaJAR ?


Yang mana diantara kedua ‘identitas’ pelajar diatas yang benar?. Identitas kedua. Duhduhduh.. kenapa pelajar abad ini cenderung memiliki identitas yang kedua daripada yang pertama? Emang nggak semua sih, tapi.. kayaknya bisa dihitung deh, pelajar yang gila belajar. Siapa aja kah? Kelas 6 SD, kelas 9 SMP atau kelas 12 SMA yang mau menghadapi ujian, ditambah beberapa ‘anak alim’ yang emang identik dengan ilmu. Oh nooo… lha sisanya? Bangga nyandang gelar persatuan malas belajar. Heitts. Aku juga pelajar, jujur bukan yang gila belajar, lebih tepat disebut pelajar yang malas belajar.

Banyak yang rasanya lebih menarik daripada belajar, kayak nonton tv, baca komik, smsan, ato maen! Payah .. nggak cuma kamu dan berjuta ‘pelajar’ lainnya doang. Yang nulis juga gitu sih, masalahnya. Sesat. Bisa berjam-jam olahraga jempol (smsan), tapi baru semenit bawaannya pengen bobooook kalau lagi senam otak (ngerjain fisika). Lebih suka nongkrong di depan kompi maen game, ketimbang nongkrongin buku ekonomi yang tebelnya halah paling-paling nggak nyampe 5 cm. Huah. Tapi, ada kalanya kita harus mau jadi pelajar yang gila belajar. Pas meh ujian, yups bener banget!. Entah itu mid semester, semesteran, maupun ujian kenaikan kelas, kita harus bermetamorphosis jadi kupu-kupu. Terbang ke padang ilmu untuk mengambil sari-sarinya. Tapi jangan pas meh ujian tok, hari-hari biasa juga harusnya gila belajar.
Apalagi bobroknya pelajar nih, banyak yang memegang prinsip “Pelajar nggak pernah nyontek? Iuh.. kamseupay (kampungan sekali udik payah)”. Oy, jujur nih, yang nulis juga pernah nyontek, nggak cuma sekali. Masih inget, dahulu kala (kelas 1 SD) aku ‘kerjasama’ garap ulangan sama temenku, kelas dua insyaf soalnya kelasku dan dia dipisah, haha. Terus kambuh lagi nih, pas SMA. Ulangan Pkn pertama, aku masih inget betul. Waktunya udah mau abis tapi jawaban belum keisi semua, terus temenku yang ‘peduli’ sama aku pelan-pelan ndiktein jawabannya ke aku, setia berdiri di depanku nungguin aku nulis. Akhirnya luntur sudah, aku tulis semua yang didiktein temenku. Dan di beberapa ulangan selanjutnya (he nggak semua lho)nyontek jadi hal yang gampaang banget dilakuin.
Tapi, Alhamdulillah masih ada yang jagain aku, Allah ngirim malaikatnya buat bilang ke aku kalau nyontek itu nggak bener, nanti rasain sendiri akibat jangka panjangnya. Iya sih, kalau nggak pernah maksa otak buat mikir sendiri, aku bakal susah sendiri nanti. Apalagi aku pengen jadi guru (amin ya Allah..). Kalau sekarang aku nyontek mulu nanti aku nggak bisa ngajar dong. Walopun ngajar juga boleh ‘nyontek’ buku tapi aku bayangin, nanti jadinya bukan ngajar tapi cuma copas materi dari buku dong. Murid nggak mudeng, guru magabu (makan gaji buta) jadi namaku. Aaaaah, Naudzubillah deh. Aku pengen jadi guru yang berhasil, bikin murid jadi murid yang berhasil juga (amin ya Allah).
Lewat tulisan ini, aku pengen ngajak kalian semua yang baca buat insyaf bareng-bareng. Bareng, makanya aku nge-share ni tulisan. Aku juga nggak mau munafik, ngompor-ngompori kudu belajar, eh diri sendiri malasnya minta ampun. Ngelarang nyontek, padahal pernah nyontek juga. Itu juga alasanku ‘nyisipin’ kisah kelamku, yaa.. kita sebut saja curcol. Biar pada ngerti kalau aku nulis ini buat nyari bolo tobat, bukan sok suci. Yah, harap maklum deh, aku juga sama kayak kalian, masih belajar.
Yah pokoknya temen-temen,  jangan bangga deh sama status pelajar malas belajar. Tapi jangan terlalu gila belajar juga, seteres nanti. Taraf adil aja lah, ada waktu buat belajar, ada waktu buat maen. Kalau masalah gaya belajar yang menyenangkan, aku juga nggak ahli bahas masalah itu. Saran aja dari aku, kamu sukanya gimana. Kalau suka belajar kelompok, yaudah ajak aja temen-temenmu belajar bareng gitu. Atau kalau butuh orang yang bener-bener kompeten, ikut aja les-lesan ato bimbel. Panggil guru private juga bisa. Kalau suka belajar sendiri, okelah. It’s up to you.
Terus, cari juga tempat yang ‘pas’. Kalau kamu bisa nyantol sama pelajaran ditempat seribut apapun, keren. Nggak perlu nyari tempat. Dimana aja bisa belajar. Tapi biasanya pada nggak nyaman ditempat yang ribut bising super berantakan. Pasti setiap orang punya nih, tempat ideal buat belajar. Kalau di sekolah nggak maksimal, di rumah bisa. Kalau rumah nggak nyaman buat belajar, belajar aja di rumah temen, belajar kelompok. Pokoknya tempat yang nyaman lah, bersih rapi bikin kita enjoy.
Dan biasanya juga, kita gampang jenuh nih. Kalau aku pribadi sih belajar kudu ada cemilannya, biar tetep melek. Dan harus ada kipas angin, biar nggak gerah. Kalau kalian, terserah gimana. Mungkin pake musik, atau apalah yang bisa me-refresh otak kita.  Yang paling penting sebenarnya cara belajarnya. Kalau udah punya niat belajar tapi nggak tau cara belajar yang ideal, nggak ada perubahan dong.
Kalau aku, kebiasaan dari dulu suka bikin rangkuman materi di 1 halaman di kertas hvs. Jadi pas hari ujiannya, tinggal baca rangkuman 1 halaman itu aja. Lagian aku males bolak-balik buka buku, apalagi detik-detik sebelum masuk ruang ujian. Nggak bakal sempet mata ‘nyapu bersih’ semua materi. Kalau cuma satu kertas kan, lebih gampang. Walaupun iya, nggak serinci dan selengkap di buku. Tapi banyak membantu aku.
Ada cara belajar yang top nih, pake peta pikiran atau mind mapping. Aku diajarin di seminar yang lalu (KARISMA Rohis Smanda). Hampir sama kayak cara belajarku yang dulu, rangkuman materi. Tapi aku masih dalam bentuk list kayak catetan buku tulis. Sekarang baru mulai belajar pake mind mapping, biar lebih terarah. Sangat membantu kok, coba deh.
Apa lagi ya? Masalah budaya nyontek. Susah memang, ngelepasin diri dari budaya nyontek. Apalagi kalau sendiri. Makanya, sekali lagi. Bareng-bareng. Ayo deh, nyontek itu nggak ada manfaatnya. Emangnya apa bagusnya, dapat nilai yang bukan murni kerja kita? eh nilaimu bagus ciyee.. padahal dibelakang layar, ini nyontek si-A, copas si-B, nurun si-C. Nilainya, nggak bernyawa doong. Percuma.
Halah tapi kan cuma sekali-kali, nggak terus-terusan. Sama aja. Pengen dong, ngerasa bangga nikmatin nilai hasil kerja sendiri. Ternyata aku bisa.. aku bisa. Bangga nunjukin ke orangtua, nilainya murni. Jadi tambah semangat belajar deh. Kalau nilainya jelek? Halah yang lain juga sama aja. Nilai jelek pasti pernah lah, singgah di kertas ulangan setiap pelajar. Nggak masalah. Yang penting murni.
Ada juga yang nggak pernah nyontek, tapi ahlinya ngasih contekan. Kan beramal, masak iya kita tega ngeliat temen sendiri nilainya jelek? Aduhduh.. kalau kita ngasih contekan dan jadinya nilai temen kita bagus, justru kasihan temen kita. Dia nggak tau kemampuannya yang sebenarnya seperti apa. Dan toh, nggak selamanya mencontek itu berbuah manis. Biar udah nyontek kanan kiri depan belakang, masih aja nilainya jelek, remidi. Rugi dua kali dong.
Dan sebagai umat beragama, kita jelas tahu mencontek dan memberi contekan itu dilarang. Tolong menolonglah kamu dalam kebaikan, dan jangan tolong meolonglah kamu dalam keburukan. Barang siapa yang membantu dalam kebaikan, niscaya akan terciprat pahalanya. Dan barang siapa yang membantu dalam keburukan, pasti akan terciprat dosanya. Semua tau itu.
Coba kita lihat, tujuan hidup kita yang sebenarnya. Kita selalu menginginkan kehidupan dunia yang indah, akhirat juga gitu dong harusnya. Nilai di kertas ulangan dan raport kita di dunia rasanya nggak terlalu penting kalau kita tau ada raport sesungguhnya yang akan kita terima kelak. Oh berarti nggak usah belajar,nggak usah sekolah, ibadah aja terus. Salah juga. Kan kita mau bahagia dunia akhirat, raport semesteran bagus, raport akhirat kelak juga bagus. Amin. Makanya, sekali lagi : belajar. Belajar kan kewajiban setiap muslim. ‘Tul?.
Yah intinya temen-temen, yok kita rapatkan barisan, bareng-bareng jadi pelajar yang baik. Mumpung masih sempat. Bismillah… karena Allah tidak akan membebani kita diluar batas kemampuan kita. Semangat!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar