Hello !! >

Hi, welcome to my world, enjoy this blog :D

Jumat, 31 Agustus 2012

Amalan After Ramadhan


Ramadhan telah usai, mungkin diantara teman-teman ada yang sibuk bertanya 'bagaimana ya, supaya ibadah puasa kita selama ramadhan kemarin diterima?' atau 'apa saja sih amalan-amalan setelah bulan ramadhan?' yuk langsung aja, cekidot...


1. Tetap Menjaga Shalat Lima Waktu
Yuk bareng-bareng kita usahakan untuk tetap menjaga shalat lima waktu, jangan hanya di bulan ramadhan saja full-shalat-nya ya..
2. Melaksanakan Shalat Sunah
Selain shalat wajib, shalat sunnah bisa buat nilai plus-plus menambah pahala kita lho, di antaranya yaitu shalat rawwatib yaitu : sebelum shalat subuh 2 rakaat, sebelum shalat Dzuhur 2/4 rakaat, setelah shalat Dzuhur 2/4 rakaat, sebelum shalat Ashar 2 rakaat, setelah shalat Maghrib 2 rakaat, dan setelah shalat Isya 2 rakaat. Dan boleh juga ditambah shalat dhuha dan tahajud/shalat lail.
3. Tetap Membaca Al Qur’an
Biasanya nih, setiap bulan ramadhan setiap masjid dan bahkan setiap rumah muslim selalu dihiasi dengan bacaan kalam illahi. Yuk, pertahankan 'pendar cahaya' tersebut untuk menjaga kita dalam keadaan 'terang'.  
4. Memperbanyak Puasa Sunnah
Amalan sunnah tidak hanya shalat, tapi juga puasa. Memang apa sih untungnya? Oke, simak nih, keutamaan orang yang melaksanakan ibadah sunnah: Dia akan mendapatkan kecintaan Allah, lalu Allah akan memberi petunjuk pada pendengaran, penglihatan, tangan dan kakinya. Allah juga akan memberikan keutamaan dengan mustajabnya do’a.
Puasa-puasa sunnah setelah Ramadhan adalah puasa enam hari bulan Syawal. Puasa di bulan Hijriyah pada tanggal 13, 14, dan 15, puasa Senin-Kamis, puasa Arofah (tanggal 9 Dzulhijah), puasa Asyura (tanggal 10 Muharram), dan banyak berpuasa di bulan Sya’ban sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan jika ada yang punya kemampuan boleh juga melakukan puasa Nabi Daud yaitu berselang-seling sehari berpuasa dan sehari tidak.
5. Berpuasa Enam Hari di Bulan Syawal
Mumpung masih di bulan syawal, ini dia keunggulan puasa syawal 6 hari. Dapat dilihat dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Abu Ayyub Al Anshoriy, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)
6. Tetap Rajin Bersedekah dan infak
Selama ramadhan sudah cukup merasakan penderitaan anak-anak kurang mampu kan? Bagaimana rasanya menahan lapar dan haus, apalagi di saat siang panas terik matahari tidak bersahabat. Padahal setelah ramadhan, orang-orang kurang mampu itu belum berhenti perjuangannya, mereka selalu begitu sepanjang tahun. Makan minum susah, seperti puasa sepanjang tahun. Untuk itu uluran tangan kita sangat mereka butuhkan. Dan memberi itu bukan bentuk kehilangan lho, melainkan bentuk investasi masa depan. Mengisi celengan akhirat kita.
7. Tetap Tutup Aurat
Teman-teman tentu sudah tau kan, kewajiban setiap muslim dan muslimah adalah menutup aurat. Perintah menutup aurat ini adalah perintah Allah dalam Al Qur’an, yang salah satunya terdapat di Q.S. An-Nur:30-31.

Demikian teman-teman, beberapa amalan after Ramadhan. Apabila kita mampu melaksanakannya, insya Allah puasa kita telah berhasil dan diterima oleh Allah.Tebarkan Semangat Kebaikan!. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar